pemalsuan air minum galon

 


Maraknya Pemalsuan Air Minum Galon
Jadi Awarness dalam Selektif Memilih Air Mineral


Hati - Hati!!!! Air Mineral Galon Palsu

Haloooo assalamualaikum mom,,,teman-teman sudah ada yang tahu tentang viral berita di media sosial yang marak kali ini? Kaget banget hanya ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, tapi merugikan orang lain dengan tega menipu.

Pertama kali saya tahu tentang viral berita ini waktu melihat video dari postingan Chef Devina Hermawan di Twitter. Di dalam video tersebut ditampilkan reka ulang pelaku laki-laki yang sedang membuka tutup galon air mineral dengan mudah dan mengganti dengan tutup galon yang baru, bahkan kondisi pelaku tangan terborgol.

Tutup galon yang dapat dibuka dengan mudah ini, galonnya kemungkinan bisa di isi dari sumber yang tidak jelas (dioplos). Dan kita sebagai konsumen tidak ada yang tahu bahwa galon air mineral itu asli atau palsu. Bahkan sulit bagi kita membedakannya karena secara kasat mata semua asli dan dalam keadaan baik / tidak rusak. Pemalsuan tutup galon ini terjadi pada galon dengan merek yang sudah lama di Indonesia, karena semua terlihat asli, sehingga konsumen sangat mudah tertipu.

Dilihat dari video saat mengganti tutup galon, tutup galon sangat mirip sekali dengan tutup galon yang asli. Jadi sedikit seram ya mom dan khawatir karena tutup galon mudah di palsukan. Bahkan jika tutup galon dan galonnya asli tapi isi galon bisa dipalsukan (dioplos) sangat merugikan sekali bagi konsumen dan hal ini dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mom dalam memilih air mineral galon harus lebih teliti, kenapa? Karena air mineral ini kita konsumsi setiap hari dan sangat dibutuhkan air mineral yang asli dan bersih untuk kesehatan keluarga kita.

 

Masalah Isi Air Galon Palsu Bukan Berita Baru

 

Baru - baru ini, Polres Cilegon Berhasil menangkap pelaku pemalsu air mineral kemasan galon di sebuah gudang di Panggungrawi, Jombang, Cilegon, Banten. Dalam penggerebekan itu, polisi menangkap lima tersangka. Modus yang dilakukan pelaku pemalsu air mineral kemasan galon ini, menurut polisi, yakni dengan cara mengisi air galon menggunakan air dari depot isi ulang, sedangkan tutup galon asli bermerek. 


Dari keterangan pelaku, dari bisnis gelap tersebut mereka mampu memproduksi 100 galon per hari dan sudah diedarkan ke warung-warung. Benar - benar hanya mementingkan keuntungan dan merugikan masyarakat luas.

Para pelaku mengisi galon asli di depot air minum dan tutup depot kemudian diganti dengan tutup asli galon air mineral yang mereka dapatkan dari si penyuplai dengan harga Rp 5.000,00. Setelah itu, mereka menjual galon-galon asli yang bertutup asli merek galon air mineral ternama, tapi dengan isi air oplosan itu dengan harga Rp 16.000 per galon. Para pelaku mampu memproduksi 100 galon per hari atau 2.500 galon air mineral palsu per bulan. Dan pelaku pemalsu kemasan galon air mineral itu mampu meraup keuntungan hingga Rp28.000.000,00 per bulan bahkan ancaman hukuman tidak membuat mereka takut, malah menjadi-jadi tindakan mereka.


Menurut artikel di suara.com catatan kepolisian, kasus pemalsuan atau pengoplosan galon isi ulang nyaris ditemukan di setiap tahunnya. Pada tahun 2011, kasus seperti ini ditemukan di Bantul, lalu menyusul di Kota Depok (2016), Tangerang Selatan (2017), Pandeglang (2018), Magetan (2020), dan Cilegon (2022).

Perbuatan pemalsuan air mineral dalam galon ini melanggar Pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 8 ayat 1 huruf a dan d Undang - Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan atau Pasal 143 Jo Pasal 99 Undang - Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Bahaya Isi Galon Palsu



Moms saat tutup galon air mineral mudah sekali untuk dilepas-pasang, maka isinya bisa air apa saja dan bahkan kita tidak pernah tahu air galon palsu ini diisi dari depot air minum yang bisa jadi airnya sering terpapar sinar matahari. Serta ada kemungkinan air yang diisi ini air mentah yang sumbernya tidak jelas. Bila air tersebut sudah tercemar, bakteri atau mikroba lain yang ada di dalam air semakin mudah berkembang. Keadaan ini pada akhirnya akan meningkatkan sederet penyakit berbahaya, seperti tifus, disentri, hepatitis, dan lainnya. Masih banyak orang yang belum tahu dengan bahaya yang mengintai di balik air minum isi galon palsu. Tak hanya gangguan kesehatan dalam jangka pendek, tapi juga bisa berakibat fatal dalam jangka panjang! Dibandingkan dengan galon air mineral asli yang bermerek, galon air mineral palsu yang diisi ulang memang menawarkan harga yang jauh lebih murah.

Namun, apa air isi galon palsu itu sehat? Dampak yang timbul bisa beberapa aspek seperti :

1. Menyebabkan Infeksi Saluran Pencernaan

Bahaya minum air isi galon palsu yang pertama adalah adanya risiko infeksi saluran pencernaan akibat bakteri Escherichia coli.
Bakteri Escherichia coli merupakan salah satu jenis bakteri yang memang menjadi penyebab infeksi saluran pencernaan seperti diare, mual muntah, dan berbagai masalah pencernaan lainnya.
Hal ini bisa berasal dari proses pembersihan galon yang tidak bersih atau memang kondisi galonnya sendiri yang tidak bersih. Bakteri tersebut bisa berkembang dan memiliki tingkat kontaminasi yang tinggi.

2. Bisa Menyebabkan Keracunan

Selain menyebabkan masalah pencernaan, minum air galon palsu juga bisa menyebabkan keracunan. Risiko seperti ini sangat mungkin terjadi pada isi galon yang diisi di depot pengisian abal-abal yang tidak mementingkan pengujian kualitas air secara rutin dan menyepelekan kebersihan alat pembersih. Dengan demikian, kualitas air pun jadi tidak jelas dan tentunya dari sisi kesehatannya tidak terjamin. Bisa saja air hasil isi ulang tersebut mengandung virus atau bakteri berbahaya lainnya yang berisiko tinggi menyebabkan keracunan dan masalah kesehatan lainnya.

3. Bakteri Dapat Menyerang Orang dengan Imun yang Lemah

Tak hanya menyerang golongan tersebut, bakteri Escherichia coli juga rentan menyerang orang dengan imunitas tubuh yang lemah.

4. Menyebabkan Penyakit Kronis

Bahaya minum galon isi palsu umumnya tidak menimbulkan gejala, namun jika zat berbahaya yang terkandung di dalamnya masuk ke tubuh, tidak menutup kemungkinan bisa memberikan dampak jangka panjang terhadap kesehatan.
Bahaya sekali kan moms air mineral dari galon yang isinya palsu ini berdampak bagi keluarga kita. Karena harapan sebagai seorang konsumen kita membeli air mineral galon sudah bermerek dan pastinya air mineral tersebut sehat dan berkualitas untuk semua anggota keluarga. Apalagi yang konsumsi tentu tidak hanya kita tapi anak-anak kita serta orangtua kita juga konsumsi air mineral ini untuk minum setiap harinya, yang terkadang sangat sensitif sekali pencernaan anak-anak dan orang tua yang usianya di atas 50 tahun. Moms tidak semua air minum sama, walaupun sama – sama terlihat jernih, tidak berasa, dan tidak berbau belum tentu bebas dari bakteri atau zat – zat berbahaya. Pastikan moms dan keluarga memilih air minum yang sumbernya terjaga kealamian prosesnya.
Karena ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan isi galon air mineral palsu ini mengakibatkan kita sebagai konsumen minum air yang tidak jelas dari mana sumbernya. Dan menjadi was-was untuk mengkonsumsinya karena dampak bahayanya banyak sekali.

Lebih Waspada Terhadap Isi Air Galon Palsu


Dengan beredarnya kemasan galon air mineral palsu pasti membuat khawatir setiap konsumen apalagi saya dan keluarga. Pemberitaan yang muncul di mana – mana ini berakibat kita bisa meningkatkan kewaspadaan dan ketelitian serta lebih hati – hati dalam membeli air mineral kemasan galon. Karena galon palsu ini terjadi pada galon dengan merek yang sudah lama di Indonesia, dan semua terlihat asli yang menyebabkan konsumen mudah sekali tertipu. 

Ada beberapa langkah atau tips seperti mengecek kode produksi, terdapat informasi kode produksi di cap/tutup sama dengan yg di badan galon, tapi keefektifannya masih dirasa kurang karena tutup galon masih dengan mudah dilepas – pasang sehingga isi air galon masih bisa dipalsukan/dioplos. Menurut hasil survei Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada 18 Maret 2022, mendapati bahwa sekitar 83 persen penjual air minum kemasan galon mengaku tidak mendapatkan edukasi terkait produk dari produsennya. 

Bagaimana konsumen bisa teredukasi sementara penjual, agen, dan distributornya saja tidak memperoleh edukasi. Serta menyarankan untuk menerapkan teknologi perlindungan kemasan yang lebih aman, dan menambahkan segel tutup galon atau botol yang sulit ditiru dan memperketat rantai pasok bisnisnya.

Air Mineral Yang Asli Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh


Air mineral yang dikonsumsi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat air mineral yang dikutip dari laman alodokter :

1. Memelihara kesehatan tulang

Manfaat air mineral dalam memelihara kesehatan tulang diperoleh dari kalsium yang terkandung di dalamnya. Kalsium dalam air mineral dapat diserap oleh tubuh sama baiknya dengan kalsium dari susu. Hal ini menjadikan air mineral sebagai sumber kalsium lain selain susu. Selain kalsium, kandungan magnesium dan bikarbonat dalam air mineral juga berperan dalam meningkatkan kepadatan massa tulang sehingga tulang menjadi kuat dan tidak mudah keropos atau patah.

2. Menurunkan tekanan darah

Penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi magnesium dan kalsium dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Anda bisa mendapatkan kedua nutrisi tersebut dari air mineral, sehingga air mineral dipercaya bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.
Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji manfaat air mineral terhadap tekanan darah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Magnesium diketahui sebagai mineral yang berperan penting dalam mengendalikan detak jantung. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan magnesium dalam air mineral terbukti dapat menekan risiko kematian akibat penyakit jantung. Meski begitu, manfaat air mineral dalam mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung juga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Mengatasi sembelit

Manfaat air mineral selanjutnya adalah mengatasi sembelit. Hal ini didukung oleh magnesium yang dapat menarik air ke dalam rongga usus, sehingga membuat tinja lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Bagaimana Usaha Pencegahan dari Air Galon Palsu?



Setelah adanya pemberitaan yang membuat kaget, membuat diri ini lebih waspada ya moms dengan memilih air mineral dalam kemasan galon yang benar asli. Karena tidak mau membahayakan keluarga dan diri sendiri dalam mengkonsumsi air mineral salah satunya dengan usaha pencegahan yang dilakukan seperti :

  1. Cek dengan teliti segel tutup dan badan galon : yaitu dengan memastikan informasi kode produksi di bagian tutup atau cap sama dengan yang tertera di badan galon. Selanjutnya, dapat ditemukan juga QR code yang memungkinkan konsumen untuk memperoleh informasi seputar sumber air galon. Dan satu hal yang pasti yakni ukuran asli air mineral kemasan galon adalah 19 Liter.
  2. Air di Dalam Galon : air di dalamnya tampak bening dan tidak berbusa, lalu tidak memiliki aroma dan terasa segar ketika diminum tanpa ada rasa kesat atau apapun. Secara fisik, air mineral palsu berwarna agak keruh. Konsumen sebaiknya mengocok air terlebih dahulu. Jika warna berubah setelah dikocok, misalnya terlihat lebih keruh, maka sebaiknya tidak perlu diminum. Bau air mineral asli dan palsu juga berbeda. Air mineral asli tidak berbau, sedangkan air mineral terkontaminasi akan menimbulkan bau tidak biasa.
  3. Kode produksi : tahap terakhir dari cara membedakan kemasan galon air mineral asli dan palsu adalah dengan melihat kode produksi dengan seksama. Pada galon yang asli moms akan menemukan kode BB (Best Before) di bagian badan tepatnya di lekukan pertama dari bahu galon. Kode BB tersebut berupa print tinta hitam terdiri dari tanggal, bulan dan tahun pembuatan. Cek terlebih dahulu apakah cetakan kadaluarsa air galon dalam keadaan sempurna dan terbaca jelas. Pilih produk yang tidak kadaluwarsa supaya keamanannya terjamin. Lihat juga keberadaan tanggal produksi di badan dan tutup air mineral galon. Teliti kesamaan tanggal dan kode antara kedua kode produksi yang menunjukan kemasan galon air mineral asli.
  4. Konsumen perlu lebih teliti untuk mengecek tanggal kedaluwarsa dan izin produksi. Jangan terjebak dengan merek dagang besar, dan pastikan tutup tak bocor serta tersegel dengan aman.
Semoga bermanfaat ya moms, dan kita semua lebih waspada ketika memilih air mineral kemasan galon.


Referensi :

Suara.com Heboh Pemalsuan Galon Isi Ulang,Mengapa Bisa Terjadi? Diakses pada tanggal 29 Agustus 2022

Pronusantara.com Beredarnya Kemasan Plasu Kenali Ciri dan Cara bedakan Galon Asli Diakses pada tanggal 29 Agustus 2022

Voi.id Ternyata Orang-orang Ini yang Memalsukan Air Mineral Galon Merek Aqua, Sudah 2 Tahun Beroperasi Tertangkap Juga diakses pada tanggal 29 Agustus 2022

99.co 5 Bahaya Minum Air Isi Ulang Untuk Kesehatan Tubuh. Berdampak Buruk Dalam Jangka Panjang! diakses pada tanggal 29 Agustus 2022

Kompas.com Cegah Pemalsuan AMDK Galon Isi Ulang, BPKN Minta Produsen Tetapkan Agen Resmi diakses pada tanggal 29 Agustus 2022
alodokter.com 4 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan diakses pada tanggal 29 Agustus 2022

Komentar

Postingan Populer