Welcome Ramadan


Asalamualaikum...

Bulan Ramadan telah datang,,bulan yang selalu dinanti oleh seluruh umat Muslim di dunia. Di bulan Ramadan ini umat Muslim menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Puasa Ramadan 1434H ini jatuh pada tanggal 10 Juli 2013 (penetapan dari sidang Isbat oleh pemerintah Indonesia). Di bulan Ramadan ini menjadi momen yang penting bagi umat Muslim untuk berlomba-lomba menjalankan berbagai macam kebaikan di bulan ini, karena bulan ini adalah bulan yang penuh berkah dari Allah SWT.

From Tumblr
Maka dari itu bulan ini bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Dengan beberapa keistimewaan diantaranya adalah :

Bulan Pengampunan Dosa
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosa nya yang telah lalu”
(HR Bukhari dan Muslim)
Di bulan ini kita harus perbanyak taubat dan memperbanyak menjalankan ibadah untuk memperkuat iman kita. Karena hanya di bulan ini apabila kita memperbanyak ibadah hanya mengharap pahala dan ridho dari-Nya Insya Allah dosa-dosa kita sebelumnya akan diampuni oleh-Nya.
Dilipatgandakan Pahala di Bulan Ramadhan
Selain beribadah, di bulan ini kita juga harus memperbanyak melakukan kebaikan untuk menambah pahala. Hanya di bulan ini Allah melipatgandakan pahala yang kita dapat. Perbanyak sedekah, memberi makanan berbuka untuk orang yang berpuasa, dan jangan lupa membayar zakat fitrah.

Bulan Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka
Allah membuka pintu surga dan menutup pintu neraka untuk memudahkan hamba-Nya mentaati kewajiban mereka seperti puasa dan shalat malam sehingga orang-orang akan lebih sibuk beribadah sekaligus memperbanyak melakukan kebaikan dan semakin mudah menjauhi keburukan.

Bulan Diturunkannya Al-Qur’an
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”
(QS. Al Baqarah: 185)
Bulan Ramadhan adalah bulan yang Mulia sehingga dipilih Allah SWT untuk menurunkan semua kitab suci kepada para Nabi. Al-Qur’an juga diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah pada bulan Ramadhan. Oleh karena itu, kita harus perbanyak membaca kitab suci suci Al-Qur’an di bulan ini.

Terdapat Lailatul Qadr di Bulan Ramadhan
”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”
(QS. Al Qadr: 1-3).
Malam lailatul qadr merupakan malam yang sangat mulia. Malam ini datang diantara malam-malam ganjil di 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Pada malam-malam tersebut kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada malam hari. Kita harus itikaf di masjid melakukan berbagai macam amal ibadah seperti sholat malam, membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan bertaubat meminta ampunan-Nya.

Komentar

Postingan Populer